Survei Kepuasan Masyarakat sesuai PerMenPAN RB RI No.14 tahun 2017 Bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik secara tranparan, partisipasi, akuntabel, berkesinambungan, adil serta netral.
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Balkesmas Wilayah Klaten sudah dilakukan selama semester 1 dengan :
- Waktu : Januari s/d Juni 2024 (Semester 1)
- Tempat : Balkesmas Wilayah Klaten
- Sasaran : responden yang ditemui saat melakukan pemeriksaan di Balkesmas Wilayah Klaten
- Jumlah Responden : 671 Orang
Metode survei : dengan memberikan kuesioner berupa lembar pertanyaan kuisioner kepada responden yang melakukan pemeriksaan di Balkesmas Wilayah Klaten dengan di dampingi petugas survey.
Di lakukan survey kepuasan masyarakat dengan tujuan :
- Mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik;
- Diketahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik;
- Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan atas hasil Survei Kepuasan Masyarakat;
- Diketahui indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Perangkat Daerah;
- Memacu persaingan positif, antar unit penyelenggara pelayanan pada lingkup Perangkat Daerah dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan;
- Bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan.
Dari Hasil Survey Kepuasan Masyarakat di Balkesmas Wilayah Klaten di Dapatkan Nilai IKM sebesar 86,75. Selanjutnya kami akan terus meningkatkan dan Memberikan Pelayanan yang terbaik Di Balkesmas Wilayah Klaten.